Samsung Galaxy Fold Generasi Pertama Mentok di Android 12

Ananda Eri Aruna
3 Min Read
Samsung Galaxy Fold

Samsung menyetop dukungan untuk smartphone lipat Galaxy Fold generasi pertama. Smartphone yang diluncurkan pada tahun 2019 ini sudah mencapai batas akhir dukungan software dari Samsung.

Berdasarkan kebijakan Samsung, seri ini mendapat pembaruan sistem operasi (OS) dan antarmuka (UI) hingga maksimal tiga generasi, sejak perangkat pertama kali rilis. Dengan demikian, Samsung Galaxy Fold tidak lagi menerima pembaruan software pada tahun ini.

Pembaruan terakhir yang didapat Samsung Galaxy Fold yaitu Android 12 atau Android generasi dua tahun lalu. Saat dirilis perdana ke publik, Samsung Fold generasi awal dibekali dengan sistem operasi Android 9 Pie dan antarmuka One UI.

Smartphone ini kemudian mendapat pembaruan software maupun patch keamanan setiap tahunnya. Untuk sistem operasi, smartphone lipat ini kebagian update ke Android generasi baru setelah Android 9 Pie, antara lain Android 10 dan Android 12.

Bahkan meski pembaruan software-nya hanya sampai Android 12, Samsung masih menggulirkan patch keamanan untuk Samsung Fold. Pembaruan patch keamanan terakhir yang dirilis untuk Samsung Fold generasi pertama itu sudah digulirkan pekan ini, Kamis (9/11/2023).

Setelahnya, tidak ada lagi pembaruan software maupun patch keamanan yang akan dirilis Samsung untuk Galaxy Fold. Hal ini menandai tamatnya dukungan Samsung untuk Galaxy Fold.

Meski demikian, bila terjadi masalah keamanan yang serius, Samsung mungkin memberikan pembaruan keamanan untuk mengatasinya, tetapi bukan pembaruan rutin seperti sebelumnya.

Untuk diketahui, smartphone Samsung yang dirilis sebelum 2022, hanya mendapat jaminan pembaruan software selama tiga generasi. Seperti Samsung S21 series yang dirilis pada 2021, begitu pula Galaxy Fold pertama yang dirilis 2019.

Kemudian untuk smartphone keluaran tahun 2022 seperti Galaxy S22 series, Samsung menjamin akan memberi update sampai empat generasi sejak perangkat pertama kali dirilis. Artinya, Galaxy S22 series yang rilis dengan Android 12 akan mendapat pembaruan sampai Android 16.

Galaxy Fold pertama jadi HP termahal Samsung

Seri ini memulai debutnya di Amerika Serikat pada September 2019. Peragkat ini menjadi smartphone lipat pertama Samsung.

Samsung Fold generasi pertama kemudian dirilis di berbagai negara termasuk di Indonesia pada Desember tahun yang sama.

Saat itu, Galaxy Fold dibanderol Rp 30.888.000 di Indonesia. Harga tersebut menjadikan Galaxy Fold ponsel termahal Samsung di Indonesia saat itu, sekaligus terunik karena memiliki layar fleksibel berukuran 7,3 inci yang bisa ditekuk-tekuk.

Dalam keadaan terlipat ini Galaxy Fold masih bisa digunakan karena terdapat layar kedua di sisi luar yang berukuran 4,6 inci.

Sekarang, smartphone lipat ini sudah dikembangkan lebih lanjut lewat model lainnya. Smartphone lipat terbaru Samsung dari lini Smasung Galaxy Seri Fold yaitu Z Fold 5 yang diluncurkan pada Juli 2023.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *