Antimainstream! Wisata Surga Sumut Selain Danau Toba

Ananda Eri Aruna
5 Min Read

Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yang dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, menyimpan potensi wisata yang patut mendapat perhatian. Salah satu destinasi paling populer dan familiar di Sumut ialah Danau Toba.

Namun, untuk kamu yang anti-mainstream banget! kami berikan rekomendasi berbagai pesona wisata saat berlibur di Sumatera Utara selain Danau Toba. Berikut rekomendasi destinasi wisata terbaik dan anti-mainstream yang dapat kamu kunjungi:

  1. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri
  2. Funland Mikie Holiday Resort & Hotel
  3. Cagar Alam Sibolangit
  4. Danau Lau Kawar
  5. Pantai Pandan

1. Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri
Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Bagi penggemar olahraga air, Pantai Sorake dan Pantai Lagundri di Sumatera Utara adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Kedua pantai ini telah diakui sebagai tempat terbaik untuk berselancar di dunia. Tidak jarang, keduanya menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan berselancar tingkat nasional maupun internasional, seperti Nias Open.

Keberadaan gulungan ombak yang panjang menambah tantangan bagi para peselancar. Konon, letak pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia membuat tinggi ombak mencapai 7-10 meter. Secara umum, para peselancar dari berbagai negara sering berkunjung antara bulan April hingga September. Jika Anda tertarik untuk mencoba pengalaman ini, Anda dapat menuju Kabupaten Nias Selatan, sekitar 12 km dari Teluk Dalam.

2. Funland Mikie Holiday Resort & Hotel

Funland Mikie Holiday Resort & Hotel
Funland Mikie Holiday Resort & Hotel

Funland Mikie Holiday terletak di Jalan Letjend. Jamin Ginting, Sempajaya, Berastagi. Destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan dan menawarkan berbagai wahana menarik seperti Volcano, Twister, The Scream, Sky Bike, dan masih banyak lagi. Selain itu, tersedia pula berbagai fasilitas pendukung seperti gazebo, area parkir, dan kedai makanan.

Jika Anda berminat untuk berkunjung, Funland Mikie Holiday buka dari pukul 09:30 hingga 18:00. Untuk menikmati semua wahana yang ditawarkan, Anda perlu membayar tiket seharga Rp100.000. Agar pengalaman bermain Anda lebih nyaman, disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Dengan begitu, kunjungan Anda ke Funland akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

3. Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit
Cagar Alam Sibolangit

Salah satu tempat wisata menarik di Sumatera Utara adalah Cagar Alam Sibolangit, yang terletak dalam satu kawasan dengan Taman Wisata Sibolangit. Sebagai cagar alam, tempat ini menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna langka, termasuk pohon angsana, sonokembang, meranti, durian hutan, dan hewan langka seperti lutung yang dilindungi.

Cagar Alam Sibolangit terletak di Jalan Letjend Jamin Ginting KM 38, Batu Layang, Sibolangit, dengan akses yang relatif mudah. Diperlukan sekitar 40 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Medan untuk mencapai lokasi ini. Jika Anda berencana untuk mengunjungi, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu dari pengelola setempat. Selain itu, persiapkan juga kondisi fisik Anda agar dapat menjelajahi cagar alam seluas 100 hektar ini dengan nyaman.

4. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar

Danau Toba nyatanya bukan satu-satunya wisata danau di Sumatera Utara. Masih ada Danau Lau Kawar, salah satu danau di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) yang patut kamu kunjungi. Berada di ketinggian 2.451 mdpl, membuat udara di kawasan ini cukup sejuk. Tak hanya itu, lokasinya yang tepat berada di bawah kaki Gunung Sinabung membuat air Danau Lau Kawar amat jernih dan sejuk.

Menariknya, kamu bisa mendirikan tenda di area yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Namun, tersedia pula pendopo yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat sejenak sembari menikmati kesejukan udara sekitar. Datanglah ke kawasan Karo, Berastagi untuk melihat pesona Danau Lau Kawar. Kamu hanya perlu menempuh 3 jam berkendara dari pusat Kota Medan5

5. Pantai Pandan

Pantai Pandan
Pantai Pandan

Pesona pantai Sumatera Utara tentu tak bisa kamu anggap sepele. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Pandan di Desa Pandan, Tapanuli Tengah. Pantai ini terkenal dengan pesona pasir putih dan air laut yang begitu jernih. Di sini, kamu bebas bermain air maupun berenang karena kondisi ombak yang cukup tenang.

Meski masih tergolong sepi akan pengunjung, pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, kedai makanan, hingga penginapan. Jika sempat mengunjunginya, cobalah untuk datang pada sore hari. Di waktu tersebut, kamu bisa menyaksikan momensunsetyang terkenal amat cantik di Pantai Pandan.

Itulah rekomendasi destinasi wisata anti-mainstream yang dapat kamu kunjungi di Sumut. Yuk! tunggu apa lagi?

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *