“Penundaan Olimpiade, Asian Indoor, Dan Martial Arts Games Yang Mendesak!”

Rizky Firdaus Nasution
2 Min Read
Olimpiade 2024

Jakarta – Penyelenggaraan Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) ke-6 di Thailand yang rencananya digelar pada Februari-Maret 2024 diputuskan ditunda hingga akhir tahun depan. Mepet dengan persiapan Olimpiade!
Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Committee Asia (OCA) yang mengumumkan hasil keputusan tersebut melalui surat pemberitahuan yang dikirimkan kepada seluruh National Olympic Committee (NOC) di Asia pada Kamis (16/11/2023).

Presiden OCA Raja Randhir Singh mengatakan penundaan diputuskan setelah melalui diskusi panjang dengan NOC Thailand dan otoritas olahraga Thailand, sebagai tuan rumah.

“Seluruh NOC sedang mempersiapkan diri menuju Olimpiade Paris. Tentu hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap NOC untuk mengalokasikan anggarannya untuk AIMAG. Apalagi sebagian besar atlet sudah mengikuti pemusatan latihan untuk Olimpiade, tentu akan sulit bagi mereka untuk mengikuti AIMAG ke-6,” kata Randhir Singh seperti dikutip dari laman resmi OCA.

“Oleh karenanya, disepakati bersama bahwa AIMAG ke-6 harus dijadwal ulang dan akan diselenggarakan setelah Olimpiade Paris,” ujarnya.

Randhir Singh berharap dengan diambilnya keputusan tersebut, dapat memberikan waktu kepada Panitia Penyelenggara dalam mempersiapkan Olimpiade dengan lebih baik.

“Sementara untuk tanggal pastinya (AIMAG) akan diselesaikan oleh Dewan Eksekutif OCA dengan melihat kalender olahraga internasional,” kata Singh.

Ini adalah penundaan kesekian setelah sebelumnya AIMAG ke-6 dijadwalkan digelar November 2023, kemudian diputuskan mundur menjadi digelar 24 Februari-6 Maret 2024 pada Sidang Umum OCA yang diselenggarakan di Bangkok pada 8 Juli lalu.

Olimpiade Paris akan digelar pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. AIMAG 6 ini juga sedianya akan berlangsung pada tahun 2021, empat tahun setelah AIMAG 5 di Ashgabat, Turkmenistan.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *