India selamatkan 41 orang terjebak di terowongan Himalaya dengan penambang tikus.

Mus Prasetya
3 Min Read
Tim penyelamat India penambang tikus, membuka jalan sepanjang 90 cm. untuk menyelamatkan pekerja yang terperangkap di terowongan Himalaya.

Tim penyelamat India, yang dipimpin oleh ahli pertambangan yang disebut “penambang tikus”, membuka jalan melalui pipa setebal 90 cm untuk sampai ke 41 pekerja yang terperangkap di terowongan Himalaya selama 17 hari.

Para pekerja telah terjebak di terowongan sepanjang 4,5 km (3 mil) sejak runtuh pada 12 November.

Kepala Menteri negara bagian Uttarakhand, Pushkar Singh Dhami, mengumumkan selesainya pemasangan pipa di terowongan untuk evakuasi para pekerja. “Sebentar lagi, semua pekerja itu akan dikeluarkan” katanya.

Petugas penyelamat menggunakan peralatan seperti tali, tangga, dan tandu untuk masuk ke dalam terowongan. Di luar, 41 ambulans siap membawa mereka ke rumah sakit yang berjarak sekitar 30 km.

Ayah seorang pekerja yang terjebak, mengatakan bahwa hatinya akan dipenuhi kehidupan kembali saat anaknya keluar dari situasi tersebut.

PROYEK AMBISIUS

Yang lainnya berkumpul di lereng-lereng yang hampir miring, berharap dapat melihat sekilas para pria saat mereka dibawa keluar.

Para pekerja yang terjebak telah mendapatkan cahaya, oksigen , air, obat-obatan, makanan sejak pipa penyelamat dimasukkan minggu lalu

Lebih dari selusin dokter, termasuk psikiater, telah berada di lokasi, berbicara dengan para pekerja melalui pipa dan memantau kesehatan mereka.

Mereka disarankan untuk melakukan latihan yoga ringan, berjalan-jalan di tempat mereka dikurung, dan tetap berbicara satu sama lain.

Terowongan ini bagian dari proyek jalan raya Char Dham senilai 1,5 miliar rupee yang diinisiasi oleh Perdana Menteri Narendra Modi. Proyek tersebut bertujuan untuk menghubungkan empat situs ziarah Hindu melalui jaringan jalan sepanjang 890 kilometer.

Pihak berwenang belum mengatakan apa yang menyebabkan amblasnya terowongan ini, tetapi wilayah ini rawan terhadap tanah longsor, gempa bumi dan banjir.

Terowongan ini tidak memiliki pintu keluar darurat dan dibangun melalui kesalahan geologi, kata seorang anggota panel ahli yang menyelidiki bencana tersebut kepada Reuters.

Proyek Char Dham telah menghadapi kritik dari para ahli lingkungan dan beberapa pekerjaan dihentikan setelah ratusan rumah rusak akibat tanah ambles di sepanjang jalur tersebut.

Pemerintah mengatakan bahwa mereka menggunakan teknik yang ramah lingkungan untuk membuat jalur yang secara geologis tidak stabil menjadi lebih aman.

Pemerintah juga memerintahkan Otoritas Jalan Raya Nasional India (NHAI) untuk mengaudit 29 terowongan yang sedang dibangun di seluruh India.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *